/ +62 812 6360 1229

Mengenal Tentang Batu Ruby

Batu ruby merupakan salah satu jenis batu permata yang populer dan banyak disukai oleh pecinta batu permata. Batu ruby lebih dikenal dari warna nya yang merah yang melambangkan perasaan, cinta, kekuasaan dan simbol  kemegahan. Batu yang disebut sebagai rajanya batu permata ini (“King of Gemstones”) merupakan batu permata yang memiliki nilai jual atau harga yang tinggi yang sebanding dengan jenis batu permata lainnya seperti sapphire, emerald dan diamond.

Batu ruby mempunyai komposisi “corundum” atau korundum (aluminium oksida dengan kromium, Al2O3::Cr) yang terbentuk dari proses pengkristalan alumunium oksida dengan mineral batuan lain seperti quartz. Namun secara kimianya, batu ruby terbentuk dari ikatan atom oksigen yang tersusun secara hexagonal dengan ikatan yang rapat dengan atom alumunium yang memenuhi 2/3 pada ruang oktahedral. Hasilnya, terciptalah satu batuan yang sangat keras dengan nilai 9 pada ukuran skala Mohs.

Sebelum banyak orang yang beranggapan bahwa ruby sama dengan spinel sapphire. Namun demikian, pengkelasan batu permata pada hari ini mengklasifikasikan ruby sebagai warna merah dan merah jambu. Selain dari warna tersebut, baik mineral korundum yang berwarna atau tidak berwarna dikenali sebagai sapphire. Hanya pada kurun waktu tertentu, manusia mulai menyedari ruby satu keluarga dengan sapphire.

Batu ruby dapat dilihat dari beberapa ciri-ciri karakternya seperti bentuk, ukuran, warna, potongan, dan kilauannya. Bagus tidaknya batu ruby biasanya ditentukan oleh warna merahnya, dimana warna merah yang paling terang merupakan batu ruby terbaik yang dikenali sebagai “Pigeon Blood Red” (Merah Darah Burung Merpati). Selain warna, penentu bagus atau tidaknya batu ruby tersebut bisa dilihat dari kejernihan (clarity) yang dimilikinya. Namun demikian, ruby yang jernih agak sulit untuk di dapati kecuali ruby tersebut telah dirawat dengan baik. Hal tersebut tak terlepas dari inclusion yang dikenali sebagai rutile (titanium oksida) yang membentuk satu susunan seperti jarum dalam batu ruby asli (dikenali sebagai “silk”).

Negara Penghasil Ruby

Sejak seribu tahun yang lalu, India dikenali sebagai negara penghasil ruby. Namun, saat ini Myanmar menjadi negara penghasil ruby terbanyak dan terbaik di dunia, dan hampir 90% ruby di dunia berasal dari Myanmar. Tapi tahukah anda, batu ruby saat ini berasal dari negara mana saja? Berikut adalah beberapa negara penghasil batu ruby terbesar di dunia.

Myanmar

Negara yang dulunya bernama Burma ini diketahui sudah menjadi penghasil batu ruby sejak berabad-abad silam  yang lalu. Di Myanmar ada satu kawasan yang bernama Mogok yang menjadi daerah penghasil batu ruby terbaik dan mengandung batu mulia yang cukup tinggi. Dari Mogoklah batu ruby yang menyerupai darah merpati atau sering disebut pigeoon bood ditemukan. Batu jenis ini adalah jenis ruby terbaik yang paling berharga di dunia.

Sri Lanka

Batu ruby yang berasal dari negara ini terletak di daerah barat daya yaitu di distrik Ratnapura. Batu ruby dari Sri Lanka biasanya berwarna merah muda/ atau dikenal dengan sebutan ’red raspberry’. Batu ruby yang berasal dari Srilanka juga termasuk batu ruby yang berkualitas dan bernilai jual tinggi.

Madagaskar

Negara kaya dari Afrika ini sempat menghebohkan di awal tahun 90-an. Pasalnya, di negara tersebut pernah ditemukan bongkahan batu ruby yang cukup besar. Daerah dilepas pantai Mozambik yang menjadi awal ditemukannya batu ruby itu kini telah menjadi salah satu daerah penghasil ruby terkemuka di dunia.

Thailand

Negara gajah putih juga menjadi penghasil batu ruby yang terbilang cukup banyak. Terletak di wilayah Chanthaburi yang banyak menghasilkan batu ruby dengan warna merah kecokelatan atau merah keunguan. Walau terkenal sebagai daerah penghasil ruby, belakangan produktivitas ruby di Thailand ini menurun, dan Chanthaburi sekarang lebih dikenal sebagai pusat untuk pengolahan dan perdagangan batu permata.

Tanzania

Tepatnya di kawasan Sungai Umba di barat laut wilayah Tanzania terdapat sumber batu ruby yang memiliki warna merah kecokelatan atau merah keunguan. Disana banyak juga ditambang batu ruby yang berwarna buram atau opaque. Jenis batu ini terbilang langka yang mengakibatkan harganya juga tinggi.

Manfaat Batu Ruby

Fakta dan manfaat batu ruby

Ada banyak manfaat batu ruby yang masih dipercaya oleh banyak orang. Mulai dari media pengobatan, media mistis, barang investasi dan sebagai perhiasan.

Baca Juga : 5 Manfaat Batu Permata Ruby

Namun seiring waktu, banyak orang yang menggunakan batu ruby ini sebagai perhiasan yang membawa hoki dan memberikan kesan kemewahan bagi si penggunanya. Tidak heran jika seseorang yang menggunakan ruby akan terlihat menarik dan memberikan kesan status sosialnya karena batu tersebut tergolong jenis batu yang mahal.

Pusat Penjualan Ruby Di Indonesia

Ada banyak pusat penjualan batu ruby asli atau batu permata di Indonesia. Salah satunya adalah di kota Medan. Berbagai jenis batu permata bisa anda temui di pusat penjualan permata terlengkap yang ada di kota Medan, yakni di Palladium Mall lantai 3 Jl. Kapten Maulana Lubis No.8 – Medan.

Salah satu toko penjual batu ruby asli bersertifikat dan berkualitas adalah Permata Star. Di toko batu permata kami ini, anda bisa menemukan berbagai koleksi batu ruby asli dan jenis batu permata asli lainnya dengan kualitas terbaik.  Banyak pecinta batu permata khususnya ruby yang mengunjungi Permata Star melalui informasi dari sesama pecinta permata maupun informasi jual batu ruby asli yang mereka cari di internet.

Selain dipasarkan secara offline, kami juga memasarkan batu permata secara online melalui situs www.permatastar.com dan www.jualpermata.com. Semua permata yang dijual adalah asli dan bersertifikat dan bergaransi. Nah, untuk informasi jual batu ruby asli di Permata Star, anda juga bisa menghubungi kami di nomor 0812-6360-1229 atau melalui email info@permatastar.com dan permatastar.info@gmail.com.

×