/ +62 812 6360 1229

Cara Membedakan Batu Permata Asli Dan Palsu

Cara Membedakan Batu Permata Asli Dan Palsu

Keindahan dan tingginya harga dari batu permata membuat banyak orang tertarik untuk memilikinya. Namun disisi lain, menyebabkan perhiasan ini sering dipalsukan. Jika tidak jeli, bisa saja anda menjadi salah satu korban yang tertipu dari penjualan batu permata palsu tersebut.

Bagaimana membedakan batu permata asli dengan yang palsu? Ada cara mudah membedakan batu permata asli dan palsu tersebut, yaitu :

Warna
Batu permata memiliki beberapa warna umum yang mungkin bisa dikenali seperti batu permata jenis sapphire misalnya, jenis batu ini miliki warna seperti black, blue, yellow, pink, dan padparadcha (orange pink). Diluar warna-warna tersebut jika diakui sebagai batu permata jenis sapphire maka anda perlu berhati-hati untuk membelinya.

Indeks Bias
Batu permata umumnya memiliki indeks bias cahaya yang besar sehingga tidak bisa tembus pandang. Untuk menguji keasliannya, anda bisa meletakkan sobekan koran di bawah batu permata. Apabila tulisan di koran tersebut dapat anda lihat dari atas batu, kemungkinan besar batu tersebut adalah palsu.

Serat Alami
Batu permata terbentuk secara alami melalui proses geologis yang jika diterawang, batu permata ini akan menampakkan serat-serat alami batuan. Berbeda halnya dengan batu permata palsu yang biasanya terlihat bening seperti kaca.

Selain itu batu permata asli memiliki tingkat kepadatan yang sangat tinggi. Untuk memastikan bahwa batu permata tersebut asli, adalah dengan mencoba menggigitnya. Jika gigitan tersebut meninggalkan goresan pada batu tersebut, maka bisa dikatakan batu tersebut adalah palsu.

Dingin
Cara terakhir membedakannya adalah dengan cara menempelkannya ke pipi. Biasanya batu permata asli akan terasa dingin di kulit. Anda juga bisa mengetesnya dengan cara membakar batu dengan korek api. Batu permata palsu bisa rusak, pecah, atau retak, tetapi batu permata asli akan tetap utuh meskipun dipanaskan pada suhu tinggi.

Nah, itulah cara mudah membedakan batu permata asli dan palsu sehingga anda aman untuk membelinya. Namun bagi anda yang ingin mencari batu permata asli bisa mengunjungi pusat penjualan batu permata di Medan melalui Permata Star. Disini terdapat banyak jenis batu permata asli yang memiliki sertifikat mulai dari jenis sapphire, emerald, chrysoberyl, cat’s eye, spinel dan jenis lainnya.

Baca Juga : 5 Manfaat Batu Permata Ruby

Itulah beberapa cara membedakan batu permata asli dan palsu. Bagi anda yang ingin membeli batu permata asli, silahkan kunjungi PermataStar, yakni pusat penjualan batu permata di Medan. Untuk melihat jenis batu permata yang di jual di PermataStar, silahkan kunjungi kami di alamat dibawah ini.

Permata Star

Grand Palladium Mall Lt 2
Blok SS 50 No. 3-7
Jl. Kapt. Maulana Lubis No.8 – Medan
Telp. +62 812-6360-1229
Email : permatastar.info[@]gmail.com

×