/ +62 812 6360 1229

Batu Cincin Yang Digunakan Para Presiden RI

Cincin presiden RI

Batu permata merupakan jenis batuan yang bernilai tinggi sehingga menjadi daya tarik banyak orang untuk memilikinya. Namun, tingginya harga jual batu permata tersebut membuat tidak semua orang yang mampu untuk memilikinya.

Batu permata digunakan tidak hanya sekedar untuk dijadikan perhiasan atau untuk penampilan saja,  melainkan menurut kepercayaan atau mitos memiliki aura tertentu yang memiliki berbagai manfaat atau khasiatnya. Bahkan batu permata telah dijadikan sebagai cincin yang banyak dipakai oleh para presiden maupun para petinggi negeri ini.

Mau tau jenis batu permata apa saja yang dijadikan cincin dan dipakai oleh para presiden Indonesia? Berikut  batu cincin yang dimiliki oleh presiden era Soekarno hingga presiden Jokowi.

Soekarno Dengan Batu Permata Ruby (di Indonesia lebih popular disebut Batu Merah Delima)

Batu permata kegemaran Presiden pertama Indonesia adalah batu permata jenis Ruby atau yang juga  disebut  sebagai Batu Merah Delima. Ruby adalah permata dalam kategori Corundum (AL2O3) dimana memiliki warna merah. Warna merah disebabkan oleh kandungan chromium. Salah satu factor penting yang menjadi indikator harga batu permata jenis ruby ini adalah tingkatan warna yang dimilikinya. Dalam perdagangan warna ruby yang bagus di kenal dengan istilah Pigeon Blood.

Salah satu negara penghasil batu permata jenis ruby yang terkenala dalah Myanmar. Namun sekarang juga beredar Ruby dari Negara Afrika yang juga menghasilkan Ruby kualitas bagus. Dalam pandangan dulu jenis batu ini termasuk salah satu dari 4 jenis batu berharga yang sejajar dengan batu Sapphire, Emerald dan Intan. Tingkat kekerasannya mencapai 9.0 skala Mohs yang berada setingkat di bawah intan dengan tingkat kekerasan 10.0 Mohs.

Konon menurut mitos yang beredar Aura batu Ruby yakni memancar kewibawan, menumbuhkan rasa percaya diri dan kebijakan dalam mengambil keputusan, lebih hidup dan optimis, membuat ceria, fokus pada hal-hal yang bermanfaat, memberikan perlindungan dan kesigapan.

Baca Juga : Daftar Batu Permata Termahal Di Dunia

Batu Ruby juga memiliki aura membantu menjaga kondisi keuangan, meningkatkan spiritual, memberi kemuliaan, percintaan, kekuatan, dan keagungan bagi penggunanya.

Seoharto Dengan Ruby / mustika Merah Delima

Sama halnya dengan Soekarno, Presiden Soeharto dulunya juga memiliki cincin batu permata jenis Ruby. Dilihat dari tahun pemakaian Ruby ini hampir bisa dipastikan bahwa Ruby yang dipakai Pak Harto adalah Ruby dari Myanmar yang dulunya terkenal dengan sebutan Ruby Burma.

Habibie Dengan Diamond (Berlian)

Berbeda dengan para pemimpin lainnya, mantan presiden ke 3 ini mengguakan berlian sebagai cincinnya. Diamond adalah batu Permata yang sangat terkenal yang memiliki kecantikan yang  sangat indah dan menggoda banyak orang. Di beberapa negara di benua Afrika, penambangan batu intan banyak terkait dengan isu politik.

Batu berlian dipercaya sebagai batu spiritual sejak ribuan tahun lalu yang memiliki khasiat sebagaipenglihatan batin, merangsang kreativitas, kecerdasan, imajinasi, membuka pikiran, mencerahkandan mendorong perkembangan psikis atau kejiwaan seseorang.

Gusdur Dengan Batu Zamrud (Emerald)

Jika presiden Soekarno dengan batu ruby atau merah delimanya, berbeda dengan Presiden yang akrab disapa Gus Dur ini. Presiden kita yang ke 4 ini dikabarkan memiliki cincin dari jenis batu zamrud atau Emerald. Emerald merupakan bagian dari keluarga batu Beryl yang memiliki ciri warna hijau. Batu ini sudah ada sejak lama yakni ditambang oleh bangsa Mesir sejak tahun 1500 SM.

Pada abad ke-14, India dan Austria mulai menambang batu ini. Emerald atau Zamrud dapat ditemukan di berbagai negara, seperti Afrika Selatan, Amerika, Australia, Madagaskar, dan lain sebagainya.

Konon katanya batu permata Emerald ini dapat meningkatkan daya ingat pemiliknya, meningkatkan kepandaian dan membantu memprediksi masa depan. Batu Emerald juga dapat membawa kebijaksanaan, kebahagian, kerajinan, dan membantu mengatasi segala cobaan.

Megawati Dengan Black Sapphire

Presiden Megawati memiliki batu cincin jenis Black Sapphire. Sapphire sendiri memiliki banyak sekali varian warna selain warna merah. Warna yang popular untuk Sapphire adalah Padparadscha (kombinasi Pink dan Orange), Blue, Pink dan lain-lain.

Sapphire juga memiliki varian lain yang memiliki motif seperti bintang di badan batunya dan biasa disebut dengan Star Sapphire. Jenis batu ini akan menampilkan enam sinar mirip seperti Bintang apabila terkena sinar cahaya.

Batu  permata jenis Sapphire ini cukup banyak dijumpai di berbagai negara. Beberapa negara yang popular dengan produksi Sapphire adalah Burma, Srilanka, Madagascar.

Menurut mitos manfaat atau kegunaan dari batu permata jenis sapphire adalah mampu menjernihkan pikiran, meningkatkan kedamaian, ketentraman dan kebahagiaan, meningkatkan motivasi dan orientasi tujuan hidup, pengekal asmara, dan mendatangkan kewibawaan.

SBY dengan Mata Kucing (Cat’s Eye)

Presiden  Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)  memiliki cincin yang memiliki pantulan kilaunya sangat mempesona, berbentuk garis lurus yang bergoyang sesuai dengan goyangan jari manisnya. Batu cincin ini dikenal sebagai batu cincin mata kucing atau batu permata jenis Chrysoberyl Cat’s Eye.

Dari tampilan warna dan transparansinya yang digunakan Pak SBY, kemungkinan besar jenis Chrysoberyl’s Cat’s Eye.

Menurut kepercayaan khasiat batu mata kucing ini diyakini bisa memberikan keyakinan diri, sekaligus menjadikan lawan gentar atau takut kepadanya. Selain itu, batu Cat’s Eye juga dapat memberikan aura penarik kepada pemakainya serta akan terhindar dari penyakit fisik dan sihir.

Jokowi Dengan Batu Akik Sulaiman

Jika para presiden sebelumnya menggunakan batu cincin yang terbuat dari jenis batu permata, berbeda dengan presiden kita sekarang ini. Presiden Jokowi menggunakan batu yang berasal dari Samar Kilang. Yakni sebuah batu Giok Batik atau lebih dikenal dengan nama batu Sulaiman Badar.

Konon katanya batu akik ini memiliki khasiat sebagai perlindungan diri, menguatkan daya kerja otak, menambah kekuatan jasmani, untuk ketenangan batin, menetralisir racun dan menarik rasa simpatik.

Baca Juga : Pusat Penjualan Batu Permata Di Medan

Nah, itulah beberapa batu cincin yang digunakan oleh para presiden RI dari era Soekarno hingga presiden sekarang ini. Jenis batu apapun yang kita miliki, semuanya kembali pada diri kita sendiri apakah mempercayai khasiat yang dimilikinya atau tidak.

Selain itu kita percaya bahwa batu permata atau jenis batu mulia lainnya merupakan ciptaan Tuhan yang diciptakan dengan keindahan dan memiliki banyak manfaat nya, tidak hanya digunakan sebagai perhiasan saja juga sebagai media pengobatan lainnya.

×